Jumat, 21 Mei 2010

Proposal pemasangan Hotspot diruang guru


A. Pendahuluan

Tekhnologisudahmarak di gunakan, tujuanpenggunaan internet jugasudahmulaiberkembangmulaidari e-mail, chating video conference sampaisekarangmencapaitahap multimedia, denganmaraknya internet dantekhnologiinformasimembuatsebagian orang berencanamembuat hotspot di beberapatempatsepertirumahmakan, tempatrekreasi, dantempatumumlainnya.

B. Hotspot

Tekhnologiinisudahtidakasinglagi di telingakita, penggunaannyapunsemakinmudah, tidaklagi plug and play tetapi detect and play, artinyadimanakitaadafasilitasuntukmendeteksi hotspot, makakitadenganmudahbisaterkoneksi internet.

C. WiFi

WiFi (Wireless Fidelity) adalahistilahgenerikuntukperalatan wireless LAN. Biasamenggunakankeluargastandar IEEE 802.11.olehkarenaitu di dukungbanyak vendor.

D. Wireless sebagaisaranaberkomunikasilangsung LAN

Seperti yang telah di jelaskan, untukbisaberkomunikasiantarakomputersatudengan yang lain di butuhkansebuahkoneksilokaldengan wireless, misalnyadalamhalpertukarn data ataupun teleconference (pertukaransuaradangambar video realtime), halinibisa di bangundenganmenggunakan wireless LAN karenajarak yang di jangkaubisamencapai 10-20km (jarakudara)

Penerapankomunikasi data denganmetode point to point

Untukmenerapkan HOTSPOT di satu area di sisi server ini di butuhkanbeberapaperalatandanperlengkapansbb :

1. Koneksi Internet

Dari sisi client masukkesebuah router kemudianmemprosesnyakedalam billing danmelanjutkannyake internet, untukmengakses website dll yang terdapat di internet.

2. Software Server Radius

Software inidiperlukanuntuksebuahmanajemen yang rapi, membeli software berartimenginvestasikanhartajangkapanjang yang bisa di setting sesuaidengankeinginankita.

3. Access Point

Selainantena, juga di perlukansebuah radio akses point yang berfungsiuntukmengubahsinyal-sinyal radio tersebutmenjadipaket-paket data dalam sebuah jaringan wireless.

4. Cabling

Cabling ini yang bertugasmenyampaikan data antarakomputer server denganakses point yang di mintaatau yang dikirimmelaluisaranawiFi di atas.

· UTP dankonektor RJ45

Kabel UTP ini dipasang diantara access point dengan komputer/laptop.

· Kabellistrik

Kabel listrik ini difungsikan untuk memberi power listrik dan dipasang pada access point.

Spesifikasihargaalatpembangunansatuhotspot :

Perangkat-Perangkat yang dibutuhkan :

NO

Nama Perangkat

Harga

Jumlah Barang

Total

1.

Acces Point(TP Link)

Rp1.500.000

1

Rp1.500.000

2.

Kabel UTP

Rp3.000

40

Rp120.000

3.

RJ 45

Rp500

2

Rp1.000

4.

Penjepit Kabel

Rp300

38

Rp11.400


1 komentar: